1. Fokus pada Prioritas
Terkadang Ketika anda sangat membutuhkan fokus banyak hal-hal yang tidak terlalu penting yang menghilangkan fokus anda seperti membuka email, facebook, browsing untuk hal yang tidak relevan terhadap pekerjaan anda, chatting, dan banyak lagi.Hal -hal tersebut dapat anda hindari dengan melatih fokus anda dan menjadwalkan apa yang anda kerjakan di kantor.2. Tetap Konsisten
Hal ini sangat penting namun di abaikan oleh banyak orang, yang di maksud tetap konsisten di sini adalah tetap konsisten pada hal-hal yang baik, bukan berarti ketika datang pagi ke kantor selalu konsisten membuka facebook. youtube, dan hal-hal yang tidak relevan terhadap pekerjaan.3. Tulislah ToDo list dan Jadikanlah Pedoman
Agar Pekerjaan Anda lebih teratur dan meminimalisir waktu yang terbuang di kantor anda ada baiknya anda mengerjakan sesuai dengan list yang anda buat. Buatlah list yang masuk akal dan dapat anda capai, buatlah sesuai dengan kapasitas Anda.4. Carilah Mentor atau Teman Diskusi
Biarpun anda sudah bekerja jangan lupa bahwa kodrat manusia adalah membutuhkan orang lain. Jadi ada saat di mana google tidak bisa membantu anda 100%. Hal ini pernah menjadi pengalaman saya. Ada baiknya anda mempunyai mentor atau teman diskusi sebagai rencana pamungkas ketika rencana anda yang lain sudah gagal.5. Termotivasi di saat Tertekan
Memotivasi diri sendiri pada saat senang sangatlah mudah dilakukan oleh setiap orang akan tetapi memotivasi diri pada saat kita sendang tertekan tidaklah semudah yang anda bayangkan. Seorang proffesional di bidang apapun di tuntut untuk memotivasi dirinya ketika sedang genting dan tertekan.6. Mengerti Prosedur dan Peran Masing-masing.
Ada baiknya ketika anda mengerjakan project anda mengetahui peran masing-masing. Hal ini kecil akan tetapi sangat memegang peran besar dalam keberhasilan suatu project. Memahami hal ini sangat di butukan untuk mengurangi kesalahpahaman dan kesalahan dalam pengerjaan project agar project selesai tepat waktu.7 . Jangan Menjadi Yes Man
Hal ini sangatlah penting. Ketika anda menerima suatu project usahakan meminta kertas approval karena bisa jadi pekerjaan yang di berikan kepada anda belum fix, atau belum di setujui. Ambillah pedoman "Don't work for Nothing". Jadi jika anda menerima pekerjaan usahakan anda mengetahui secara jelas dari hulu sampai hilir karena anda yang mengerjakan jika ada kesalah anda bisa dijadikan kambing hitam. Jadi berhati-hatilah.8. Carilah Informasi Terbaru Tentang Bidang Anda
Jika anda ada waktu cobalah mencari info terbaru didalam bidang anda. Ada istilah "Be The Smartest Guy in The Room". Anda tidak perlu menguasai secara detail, anda hanya perlu memahami dan bisa menyampaikan ke client, karena tidak semua client mengerti detail. Hafalkan data-data yang menjual seperti pengunna android berapa banyak di dunia khususnya di indonesia, data ini bisa anda gunakan jika anda bergerak di bidang mobile khususnya Android.9. Ikuti Kursus yang Cocok untuk Masa Depan Anda
Banyak pola pikir ketika anda sudah bekerja maka anda akan berhenti belajar, tanggapan ini sangat salah karena dunia kerja sekarang sangat cepat berubah terutama di bidang IT jadi anda harus menyesuaikan diri. Jika anda ingin menjadi professional maka tidak ada salahnya and mengambil sertifikasi, karena sertifikasi biasa dijadikan bukti agar orang baik client maupun bos percaya dengan anda, selain itu sertifikasi dapat menaikkan gaji anda.10. Anda berada di ujung dari proses Jadi berhati-hatilah
Ini adalah hal yang sering di lupakan oleh para programmer. Anda berada di ujung proses jadi anda harus berhati-hati baik dalam menerima dan mengerjakan project. Jika ada kesalahan anda bisa dijadikan bulan-bulanan, tentu anda tidak suka disalahkan ketika anda benar maka berhati-hatilan. Sebagai contoh, deadline project satu minggu , tiga hari digunakan untuk desain sendangkan website yang anda buat kompleks, sebaiknya anda komunikasikan kepada atasan agar deadline di tambah dengan penjelasan yang mereka mengerti.11. Cerdik dalam menangani project
Sebagai IT Professional ekspektasi baik client maupun atasan anda sangat besar kepada anda. Oleh sebab itu anda harus cerdik dalam menangani project anda. Jika anda bisa menyelesaikan dalam waktu satu minggu tidak ada salahnya anda mengatakan dua minggu. Karena jika ternyata selesai satu minggu maka ekspektasi terhadap anda akan meningkat. sedangkan jika anda mengatakan satu minggu ternyata selesai lebih dari satu minggu maka kepercayaan baik client maupun atasan akan berkurang terhadap anda. Karena ada saatnya di mana project anda tidak berjalan mulus, anda harus membuat spare waktu untuk membereskannya.
12. Improvisasi dan Perubahan
Improvisasi dan perubahan dibutuhkan dalam dunia IT, bayangkan jika anda membuat website dan ada masalah serius maka di butuhkan perubahan yang cepat. Anda juga perlu improvisasi agar masalah yang sama tidak terjadi untuk kedua kalinya.13. Rencana Cadangan untuk factor X
Sebagai pekerja ada saatnya segala sesuatu tidak sesuai dengan rencana anda. Jika anda memiliki keluarga yang sedang sakit dan tidak boleh di tinggal maka jadwal anda untuk hari itu berubah, jika anda Seorang suami atau Istri dan anak anda sedang sakit maka anda akan mengorbankan waktu bekerja anda di kantor. Dalam situasi seperti ini anda harus cerdik dalam menghadapi situasi seperti ini.
14. Periksa Email di saat Tertentu
Membuka email saat di kantor sangatlah penting namun jika anda terlalu sering maka hal ini bisa jadi penganggu fokus anda maka anda perlu membuat jadwal untuk membuka email.
15. Selalu Mempunyai Rencana Cadangan
Ketika anda sedang mengerjakan project tidak ada salahnya anda memiliki rencana cadangan terakhir yang biasa di sebut senjata pamungkas jika sudah tidak ada jalan lagi.
16. Mencoba hal baru di Luar Pekerjaan Kantor
Tidak ada salahnya jika anda mencoba hal baru di luar kantor. Usahakan hal-hal tersebut berhubungan dengan apa yang anda suka seperti hobi. Hal ini bagus untuk menghilangkan stress serta menambah keahlian di bidang yang lain.
17. Dokumentasikan Apa yang di Kerjakan
Selalu dokumentasikan apa yang anda kerakan. Hal ini sangat berguna karena jika anda tidak membuat dokumentasi maka kesalahan yang sama akan terulang kembali ke project-project yang lain. Membuat dokumentasi bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang merepotkan akan tetapi tanpa dokumentasi anda tidak tau secara detail apa kendala-kendala project anda serta anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan.
18. Hindari menerima Telefon, Sms, atau Email di saat anda bekerja
Jika anda ingin menjadi professional anda harus memiliki waktu tertentu untuk menelefon, mengirim email atau sms karena tiga hal di atas sangat berbahaya untuk fokus anda. Jika telefon tidak darurat anda bisa menemukan cara
19. Buatlah Menejement Project untuk Mencatat proses Project Anda
Gunakanlah Project management seperti Trello atau software yang lain. Hal ini berguna untuk membuat anda teratur dan memecah project menjadi bagian-bagian kecil sehingga anda lebih mudah untuk mencapainya.
20. Kerjakanlah Pekerjaan Kantor di Kantor
Jika anda baru di terima di suatu perusahaan pasti anda sering mengalami hal ini anda akan sering membawa pekerjaan anda ke rumah, berusaha bekerja 24 jam agar bos ada terkesan. Percayalah anda tidak bisa lama bekerja di perusahaan tersebut karena kondisi kesehatan anda. Anda harus bisa membagi waktu dalam pekerjaan anda. Jangan membawa pekerjaan anda kerumah kecuali dalam keadaan darurat.
21. Hargai Semua Pencapaian Anda
Ada baiknya di setiap anda berhasil mencapai target anda memberi waktu kepada diri anda untuk relax akan tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Penghargaan kepada diri sendiri berguna agar tingkat stress berkurang dan kita tetap konsisten pada pekerjaan kita.
Post a Comment